56 PERMASALAHAN PUASA 1

56 ﻣﺴﺄﻟﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻴﺎﻡ

ﻓﻮﺍﺯ ﺍﻟﺮﻓﺎﻋﻲ

Fawwaz Ar-Rifa’i
osaammh@

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ

Bismillahirrahmanirrahim

ﻣﺴﺄﻟﺔ ” ١ ”
ﻣﺎ ﺣﻜﻢ ﻣﻦ ﺷﺮﺏ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﺍﻟﻤﺆﺫﻥ ﻳﺆﺫﻥ؟

permasalahan 1 :
Apa hukum orang yang minum air di bulan ramadhan bertepatan dengan muadzin yang sedang mengumandangkan adzan ?

ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ :
ﻫﺬﺍ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺆﺫﻥ ﻻ ﻳﺆﺫﻥ ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺭﺃﻯ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻭﺟﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻤﺴﻚ ﻣﻦ ﺣﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﺴﻤﻊ،

Jawaban :
Hal ini perlu dicermati, jika muadzin tidak mengumandangkan adzan kecuali jika ia telah melihat fajar maka wajib baginya untuk menahan makan dan minum ketika mendengarnya,

ﻟﻜﻦ ﺭﻭﻯ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻓﻲ ﻣﺴﻨﺪﻩ ﺑﺴﻨﺪ ﺟﻴﺪ : ‏« ﺃﻥ ﺍﻹﻧﺎﺀ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﻳﺪ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻓﻼ ﻳﻀﻌﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﻘﻀﻲ ﻧﻬﻤﺘﻪ ﻣﻨﻪ ‏» .

Namun imam Ahmad meriwayatkan hadis dalam musnadnya dengan sanad yang jayid ” Sesungguhnya jika wadah ( untuk makan atau minum ) telah di tangan maka janganlah ia letakkan sampai dirinya menyelesaikan keinginannya itu ( makan atau minum ) “.

ﻭﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺆﺫﻥ ﻳﺆﺫﻥ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻘﻮﻳﻢ ﻓﺎﻷﻣﺮ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﻭﺍﺳﻊ؛

Dan adapun jika muadzin mengumandangkan adzan berdasarkan jadwal di kalender maka permasalahan ini luas ;

ﻷﻥ ﻫﺆﻻﺀ ﺍﻟﻤﺆﺫﻧﻴﻦ ﻟﻮ ﻗﻠﺖ ﻟﻬﻢ : ﺗﺸﻬﺪﻭﻥ ﺃﻥ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻃﺎﻟﻊ؟ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻻ ﻧﺸﻬﺪ، ﻭﺗﺠﺪﻫﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﻳﺆﺫﻧﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻮﻗﻴﺖ .

Karena para muadzin seandainya engkau tanyakan kepada mereka : ” Apakah kalian melihat fajar telah terbit ? Mereka akan menjawab : ” Kami tidak melihatnya “. Dan engkau akan mendapati mereka di daerah Maroko mengumandangkan adzan berdasarkan jadwal waktu.

ﻭﺃﺧﺒﺮﻧﻲ ﺍﻟﺜﻘﺎﺕ ﺃﻧﻬﻢ ﺳﻤﻌﻮﺍ ﺍﻟﻤﺆﺫﻧﻴﻦ ﻳﺆﺫﻧﻮﻥ ﻭﺍﻟﺸﻤﺲ ﻟﻢ ﺗﻐﺮﺏ؛ ﻷﻧﻬﻢ ﻻ ﻳﺸﺎﻫﺪﻭﻥ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻭﻻ ﻳﺸﺎﻫﺪﻭﻥ ﺍﻟﺸﻤﺲ، ﻭﺣﺴﺐ ﻋﻠﻤﻨﺎ ﺍﻵﻥ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺆﺫﻧﻴﻦ ﻻ ﻳﺆﺫﻧﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﺆﺫﻧﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺑﺄﻳﺪﻳﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻘﻮﻳﻢ، ﻓﺎﻷﻣﺮ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﻭﺍﺳﻊ . ﺇﺫﺍ ﺷﺮﺏ ﻭﻫﻮ ﻳﺆﺫﻥ ﺃﻭ ﺃﻛﻞ ﺷﻴﺌﺎً ﻭﻫﻮ ﻳﺆﺫﻥ ﻟﻴﺲ ﺑﻪ ﺑﺄﺱ .

Orang-orang yang terpercaya pernah mengabarkan kepada kami bahwa mereka mendengar para muadzin mengumandangkan adzan ( maghrib ) sedangkan matahari belum terbenam, karena mereka tidak melihat fajar dan tidak melihat matahari langsung.

Dan sebatas yang kita tahu bahwa sekarang para muadzin tidaklah mereka mengumandangkan adzan fajar kecuali mereka berpatokan dengan kalender, sehingga permasalah ini merupakan perkara luas. Maka jika dia minum atau makan sedangkan dia yang mengumandangkan adzan maka tidak mengapa.

ﺍﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ

Ibnu Utsaimin

Sumber Link :

http://www.saaid.net/mktarat/ramadan/673.htm

Related posts

Leave a Comment