UNTUKMU WAHAI SAUDARAKU YANG SEDANG SAKIT…

Siapa diantara kita yang menginginkan sakit??

Namun…..

Jika Allah menghendakinya, maka siapa dari kita yang dapat menolaknya???

Saudaraku, ketahuilah bahwa Allah sedang menguji keimanan kita , Allah mentakdirkan kita sakit.

Maka berprasangka baiklah kalian  kepada Allah, semoga Dia mengharapkan kebaikan untukmu wahai saudaraku..

 Nabi kita Muhammad  shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺑِﻌَﺒْﺪِﻩِ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮَ ﻋَﺠَّﻞَ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﻌُﻘُﻮْﺑَﺔَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺑِﻌَﺒْﺪِﻩِ ﺍﻟﺸَّﺮَّ ﺃَﻣْﺴَﻚَ ﻋَﻨْﻪُ ﺑِﺬَﻧْﺒِﻪِ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻮَﺍﻓِﻲَ ﺑِﻪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ

“Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang hamba, maka Allah menyegerakan siksaan baginya di dunia” ( HR. At-Tirmidziy no.2396)

Juga bersabda;

ﺇِﻥَّ ﻋِﻈَﻢَ ﺍﻟْﺠَﺰَﺍﺀِ ﻣَﻊَ ﻋِﻈَﻢِ ﺍﻟْﺒَﻼَﺀِ، ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺣَﺐَّ ﻗَﻮْﻣًﺎ ﺍﺑْﺘَﻼَﻫُﻢْ، ﻓَﻤَﻦْ ﺭَﺿِﻲَ ﻓَﻠَﻪُ ﺍﻟﺮِّﺿَﺎ، ﻭَﻣَﻦْ ﺳَﺨِﻂَ ﻓَﻠَﻪُ ﺍﻟﺴُّﺨْﻂُ

“sesungguhnya pahala yang besar didapatkan melalui cobaan yang besar pula. Apabila Allah mencintai seseorang, maka Allah akan memberikan cobaan kepadanya, barangsiapa yang ridho (menerimanya) maka Allah akan meridhoinya dan barangsiapa yang murka (menerimanya) maka Allah murka kepadanya.(HR. At-Tirmidzi no. 2396)

Wahai saudaraku…

Bergembiralah wahai saudaraku,  karena Allah ternyata tetap menuliskan pahala ibadah bagi kalian  yang biasa  dilakukan sehari-hari, sekalipun hari ini kalian sedang sakit,..

 Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

ﺇﺫﺍ ﻣﺮﺽ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺃﻭ ﺳﺎﻓﺮ ﻛﺘﺐ ﻟﻪ ﻣﺜﻞ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻳﻌﻤﻞ ﻣﻘﻴﻤﺎ ﺻﺤﻴﺤﺎ

“Apabila seorang hamba sakit atau sedang melakukan safar, Allah akan menuliskan baginya pahala seperti saat ia lakukan ibadah di masa sehat dan bermukim.” (HR. Bukhari)

Maa sya Allah…

Prasangka baik kepada Allah, pahala besar akan diraih sekalipun  sakit,.

Saudaraku, prasangka baiklah kalian kepadaNYA, dengan sakitmu ini, Allah akan menghapuskan dosa – dosa dan mengangkat derajat disisiNYA kelak.

Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻳُﺼِﻴْﺒُﻪُ ﺃَﺫًﻯ ﻣِﻦْ ﻣَﺮَﺽٍ ﻓَﻤَﺎ ﺳِﻮَﺍﻩُ ﺇِﻻَّ ﺣَﻂَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﺑِﻪِ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺗِﻪِ ﻛَﻤَﺎ ﺗَﺤُﻂُّ

“Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya, pasti akan hapuskan kesalahannya, sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya”( HR. Al-Bukhari no. 5661 dan Muslim no. 65)

Juga bersabda,

ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﺷَﻲْﺀٍ ﻳُﺼِﻴْﺐُ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻦَ ﻣِﻦْ ﻧَﺼَﺐٍ، ﻭَﻻَ ﺣَﺰَﻥٍ، ﻭَﻻَ ﻭَﺻَﺐٍ، ﺣَﺘَّﻰ ﺍﻟْﻬَﻢُّ ﻳُﻬِﻤُّﻪُ؛ ﺇِﻻَّ ﻳُﻜَﻔِّﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺑِﻪِ ﻋَﻨْﻪُ ﺳِﻴِّﺌَﺎﺗِﻪِ

“Tidaklah seorang muslim tertusuk duri atau sesuatu hal yang lebih berat dari itu melainkan diangkat derajatnya dan dihapuskan dosanya karenanya.” ( HR. Muslim no. 2572)

Saudaraku… bersabarlah kalian, bersabar, dan bersabar,,,,

Namun tetap kita mengharapkan kesembuhan , yakinlah semua penyakit akan sembuh dengan IzinNYA. karena tidaklah Allah menciptakan penyakit pasti ada obatnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻣَﺎ ﺃَﻧْﺰَﻝَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺩَﺍﺀً ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺰَﻝ ﻟَﻪُ ﺷِﻔَﺎﺀً

“ Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut ” (H.R. Bukhari)

Berdoalah kepadaNYA, agar DIA menyembuhkan dan senantiasa memberikan kesehatan kepada kita.

Allahumma aamiin

Teruntuk sahabat-  sahabtku yang sedang sakit,,,kami doakan semoga Allah memberikan kesehatan segera.
Aamiin..

Related posts

Leave a Comment