WALI ABDAL

فتاوى الشيخ / هل صح في أحاديث الابدال شيء؟

Hadis-Hadis Tentang Wali Abdal Dan Lain-lain

Fatwa Syaikh Masyhur Hafizhahullahu

Pertanyaan :

Apakah shahih hadis-hadis yang menerangkan tentang wali Abdal ?

Jawaban :

Tidak ada satu pun hadis shahih yang menerangkan tentang wali Abdal(wali tuhan pengganti). Dan akidah(keyakinan akan adanya ) wali Abdal(wali tuhan pengganti), kutub(wali tuhan di setiap kutub/penjuru bumi) ,Autad (wali tuhan disetiap gunung) dan Aghwats (wali tuhan penurun hujan)..adalah aqidah yang rusak bisa jadi di sebagiannya bahkan di sebagian yang lain terdapat unsur kekufuran yang begitu jelas.

Sebagian manusia meyakini adanya 12 wali Abdal, dan 4 Wali Aghwats. Dan bahkan Malaikat tidak dapat memberikan rizki seorang pun atau mematikannya kecuali jika telah meminta izin dari mereka ( wali Abdal dan wali Aghwats ). Maka ini semua adalah “ Khurafat(kepercayaan yang rusak dan penuh hayalan) “ yang tidak Allah turunkan satu keteranganpun tentangnya.

Imam As-Sakhowi telah menulis satu kitab yang beliau beri judul : “ Nazhmul aali Fi Haditsil Abdal “, dan beliau tegaskan di dalam kitab tersebut bahwasanya seluruh hadis tentang wai Abdal adalah maudhu’ ( palsu ) atau wahmiyah ( lemah ).

Sehingga wali Abdal(pengganti), Aqthab (kutub) Autad(gunung) dan Aghwats(hujan) adalah aqidah ( keyakinan ) yang rusak, tidak ada hadis shahih yang menjelaskan kebenarannya.

Link Fatwa : http://meshhoor.com/fatawa/fatwa-39/

Related posts

Leave a Comment